Kapolres Jefri Siagian Sambangi Kantor KPU Minut

Minut-Kapolres Minahasa Utara AKBP Jefri Siagian SIK menyambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut, Rabu (13/2/2019) sore.

Siagian datang berjalan kaki dari Kantor Polres Minut didampingi Kabag Ops Polres Minut Kompol Aidit Djafar SH MH dan Kasat Intel Iptu Boyke Rawung.

Kedatangannya diterima langsung Ketua KPU Minut Stella Runtu didampingi Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Darul Halim, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas Hendra Lumanauw, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Dikson Lahope, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Robby Manoppo serta Sekretaris KPU Minut Charles Worotijtan.

Dalam diskusi bersama KPU, Kapolres Siagian menanyakan terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), terlebih daftar pemilih khusus.

“Bagaimana dengan pemilih pemula? Kemudian dengan para pekerja tambang, pekerja jalan tol, bendungan Kuwil dan yang di proyek-proyek nasional? Apakah mereka bisa mencoblos disini?” tanya Kapolres.

Menjawab pertanyaan ini, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Dikson Lahope menjelaskan bahwa setiap masyarakat bisa menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat dia tinggal.

“Bagi para pekerja ini, mereka bisa mendaftar di kantor KPU dimana mereka bekerja. KPU Minut akan menerima bahkan menjemput bola,” kata Dikson.

Selain soal DPT, Kapolres Siagian juga memeriksa gudang logistik dan mengecek kesiapan petugas penjagaan.

“Dimana logistik ini, petugas harus terus menjaga, petugas tidak boleh lalai dan logistik tidak boleh kurang sehingga bisa menyebabkan masalah,” pesan Kapolres. 

Terkait logistik, Ketua KPU Minut Stella Runtu menjelaskan pada akhir Februari akan dilakukan pendataan kembali untuk pengecekan jika ada logistik yang kurang atau rusak.

“Pendataan masih kita lakukan untuk mengantisipasi kekurangan. Contohnya di daerah lain ada yang kotak suara rusak rusak atau bentuknya tidak sesuai, nah ini harus diajukan penambahan,” jelas Stella.

Adapun Polres Minut akan menggerakkan kemampuan penuh dalam menghadapi hari pencoblosan 17 April sampai tahap pleno penetapan suara.

Dari 667 TPS di Minut, ada 602 TPS di 9 kecamatan yang akan dikawal Polres Minut.

Sedangkan 65 TPS lainnya ada di Kecamatan Wori yang dijaga Poltabes Manado. 

Usai memantau di KPU Minut, Kapolres Siagian bersama rombongan kembali berjalan kaki menuju Kantor Polres Minut.

sumber : BeritaManado.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *