KPU Minut Maksimalkan Koordinasi Hadapi Pemilihan 2020.

Airmadidi, kpu-minutkab.com – Untuk mematangkan persiapan penetapan jumlah minimum dukungan syarat dan Persebaran Paslon Perseorangan Pilbup 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara (KPU Minut) gelar Rakor bersama stakeholder, Rabu (23/10/2019), di Kantor KPU Minut.

Rakor yang digelar di Kantor KPU Minut itu dibuka oleh Dikson Lahope selaku Plh. Ketua KPU Minut serta ketua divisi perencanaan Data dan Informasi, selanjutnya Rakor dipandu oleh Darul Halim, selaku ketua divisi teknis penyelenggaraan.

Dalam Rakor tersebut turut juga dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sulut Yessy Momongan yang menjadi narasumber/pemateri dalam rakor tersebut.

“Kami datang dalam rangka agenda monitoring ke kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilgub ataupun pilwako,” ujar Yessy Momongan.

Ia mengatakan bahwa di minut ini KPU Provinsi datang mengingat di pemilu kemarin terjadi perubahan jumlah DPT yang juga mempengaruhi jumlah DPT Provinsi, sehingga menurutnya, perlu penjelasan dan penegasan.

”Hal ini  juga mempengaruhi dalam menentukan jumlah syarat dukungan dan persebaran Paslon Calon Perseorangan di Pilbup 2020,” ujar Yessy Momongan sembari juga menjelaskan regulasi dan mekanisme terkait jumlah minimum dukungan syarat dan Persebaran Paslon Perseorangan Pilbup 2020.

Diujung akhir kegiatan, Stella Runtu selaku Ketua KPU Minut turut menyesuaikan hadir dalam forum.

Diketahui Ketua KPU Minut itu datang lebih akhir karena juga ada kegiatan Rakor yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi di Kota Manado.

“Pleno penetapan jumlah minimum dukungan syarat dan Persebaran Paslon Perseorangan Pilbup 2020 Kabupaten Minahasa Utara akan dilaksanakan tanggal 26 Oktober sesuai dengan Jadwal dan Tahapan Pemilihan Serentak yang terdapat dalam PKPU No 15 Tahun 2019,” ujar Stella Runtu.

Lanjutnya, pleno ini sifatnya tertutup hanya diinternal KPU Minut. Nantinya, hasil dalam pleno dijelaskannya akan dituangkan dalam berita acara dan surat keputusan KPU Minut.

“Salinan keputusan itu akan diberikan kepada Bawaslu Minut dan akan diunggah ke laman KPU Minut supaya publik juga bisa mengaksesnya” ujar Stella sebelum menutup Rakor.

Hadir beberapa stakeholder terkait diantaranya, Simon Awuy selaku Ketua Bawaslu Minut, perwakilan Kesbangpol Minut, perwakilan Bagian Hukum Kabupaten Minahasa Utara serta Kasubag dan Staf Teknis KPU Sulut dalam rombongan bersama Yessy Momongan.

(admin-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *