Memantapkan Hadapi Tahapan Pilkada, KPU Minut Laksanakan Internalisasi Regulasi Pilkada 2020

Airmadidi, kpu-minutkab.com – Memasuki tahapan Pemilihan Serentak Kepala Daerah yang kian dekat, jajaran Pimpinan KPU Minut bersama Sekretaris, Kasubag, dan Staf melaksanakan Rapat Koordinasi Internalisasi Regulasi Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 bertempat di Kantor KPU Kab. Minahasa Utara, 16 Oktober 2019. Rakor yang dipimpin oleh Darul Halim, selaku ketua divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu menuturkan maksud kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat jajaran internal KPU Minut dalam memahami regulasi-regulasi yang terkait dengan Pemilihan Serentak tahun 2020 agar dalam proses pelaksanaan teknis di lapangan nantinya bisa meminimalisir kekurangan dan kesalahan dalam melaksanakan setiap tahapan yang berjalan nantinya, khususnya nanti pada tahapan pencalonan yang dalam waktu dekat sudah dimulai tahapannya, tuturnya.

Beberapa peraturan yang dibahas dalam rapat yaitu, PKPU Nomor 8 Tahun 2019 tentang  Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. “sambil membahas pasal per pasal terkait peraturan-peraturan yang menjadi pembahasan ini, kita juga akan merancang sebuah pedoman teknis terkait tahapan-tahapan pilkada di minut yang akan berjalan nantinya, dan perancangan pedoman teknis ini masih sementara dalam proses” tutur Roby Manoppo selaku Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan.

Hadir juga dalam Rapat Koordinasi, Stella Runtu, selaku Ketua KPU Minut, Hendra Lumanauw, ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Dikson Lahope ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, dan Sekretaris Winda Tulangouw bersama para Kasubag dan staf. Kegiatan ini merupakan arahan KPU Provinsi kepada 7 Kabupaten Kota yang akan melaksanakan Pemilihan Serentak Kepala Daerah Tahun 2020 sebagai upaya untuk kesiapan menjalankan Tahapan Pemilihan Serentak Kepala Daerah Tahun 2020. (admin-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *