Siap Helat Pilkada 2020, KPU Minut gelar Launching Pilkada Pilbup Wabup Minut

Airmadidi, kpu-minutkab.com –  Dilihat siap untuk menghelat Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Tahun 2020, KPU Minahasa Utara menggelar “Launching Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2020”. Bertempat di halaman parkiran Ruko Pertokoan, Jln. Arnold Mononuntu Manado-Bitung, kel. Sarongsong satu, Kecamatan Airmadidi ,Senin (16/12/2019) kegiatan ini digelar. Turut hadir Forkompimda, LSM, Ormas, OKP, tokoh agama, tokoh masyarakat, partai politik, dan KPUD kab/kota lain. Disaksikan langsung masyarakat Kabupaten Minut. Juga dihadiri Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi dan tamu undangan lainnya.

“Saya berharap pilkada serentak berjalan dengan baik dan masyarakat Minut bisa bersama-sama sukseskan pilkada nanti. Jauhkan paham-paham radikalisme dan berita hoax yang bisa memecahkan antar umat beragama,” tegas Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan melalui Sekretaris daerah (Sekda) Jemmy Kuhu, saat membawakan sambutan.

Komisioner KPU Provinsi Sulut Salman Sailangi mengatakan, sosialisasi ini untuk melibatkan seluruh kelompok masyarakat untuk dapat berpartisipasi terhadap penyelenggara pilkada.

“Masyarakat dibuka ruang untuk berpartisipasi penuh dan juga ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan melibatkan seluruh element masyarakat, LSM serta ormas,” harap dia.

Sementara itu, Ketua KPU Minut Stella Runtu mengatakan, pemerintah, TNI/Polri, Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat marilah kita sukseskan pilkada nanti tepatnya pada tanggal 23 September 2020.

“Minut akan ada mengadakan dua pemilihan dan menerima dua kertas suara yaitu kertas suara gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulut dan kertas suara bupati dan wakil Bupati Minut,” jelas Runtu.

Ketua KPU Minut bersama empat anggota KPU Minut saat memberikan arahan (Dokumentasi KPU MINUT)

Selain itu KPU Minut juga melaunching dan memperkenalkan Jingle dan Maskot Pilkada Minut, Jingle dengan Judul “Minut 2020” dan Maskot dengan nama “Si Kadera”.

Ungkap Anggota KPU Minut Hendra S. Lumanauw selaku ketua divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, parmas, dan SDM mengatakan maskot yang mengambil karakter buah kelapa ini memiliki nilai kearifan lokal yang ada di Minahasa Utara.

“Si Kadera itu kepanjangan dari Kelapa Demokrasi, kenapa dinamakan Kadera, karena Kadera bahasa kita sehari-hari yang artinya kursi, kita hanya mengambil kata kadera supaya bisa lebih dikenal dan familiar, Kadera itu sendiri berupa singkatan dari nama Maskot” ujar Hendra.

Kpu Minut juga memberikan piagam penghargaan dan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dalam penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 kepada Forkompimda yaitu Pemerintah Kab. Minahasa Utara, DPRD Minut, Bawaslu, Polres Minut, Polresta Manado, KAJARI Minut, Pengadilan Airmadidi, Kodim 1310 Bitung dan Kodim 1309 Manado.

Anggota KPU Minut Hendra Lumanauw saat menyerahkan Piagam Penghargaan dan Terima kasih Kepada pihak Polres Minut (Dokuemntasi KPU MINUT)

Selain itu KPU Minut juga turut memberikan Penghargaan kepada badan adhoc PPK, PPS, dan KPPS yang dimana penghargaan ini diberikan oleh KPU RI yang ditanda-tangani oleh ketua KPU RI Arief Budiman. Tidak luput pula, para Relawan Demokrasi juga mendapat Piagam Penghargaan atas kerja Sosialisasi kepada 11 basis yang ada di Minahasa Utara. (red-admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *